Kapan Awal Tahun Hijriah 1445 dan Awal Bulan Muharram? Berikut Jawaban dari Asosiasi Astronomi

Trikspedia Primitive, Medan – Menurut perhitungan astronomi, bulan akan mencapai fase konjungsi untuk bulan Muharram pada hari Senin (hari penentuan) tanggal 29 Dzulhijjah 1444 Hijriah, yang bertepatan dengan tanggal 17 Juli 2023 – menurut kalender Ummul Qura – pukul 09:31 malam setelah matahari terbenam dan bulan terbenam di cakrawala Mekah.

Asosiasi Astronomi di Jeddah dalam laporannya mengungkapkan bahwa konjungsi adalah salah satu posisi bulan yang artinya matahari dan bulan bertemu pada satu ketinggian di langit, yaitu ketika keduanya berada pada garis bujur langit yang sama tetapi garis lintang langit yang berbeda (konjungsi yang tidak terlihat). Posisi bulan akan berpindah dari barat ke timur matahari, dan ini adalah peristiwa global yang terjadi secara bersamaan di seluruh dunia.

Pada hari Selasa, tanggal 30 Dzulhijjah 1444 Hijriah, yang bertepatan dengan tanggal 18 Juli 2023 – menurut kalender Ummul Qura – matahari akan terbenam di cakrawala Mekah pada pukul 07:06 malam. Pada saat itu, bulan akan berada di atas cakrawala pada ketinggian 9 derajat, sudut antara bulan dan matahari (elongasi) adalah 10 derajat, dan tingkat penerangan bulan adalah 0,8%. Bulan akan terbenam pada pukul 07:50 malam, sekitar 48 menit setelah matahari terbenam. Dengan demikian, kondisi untuk memasuki bulan secara astronomi terpenuhi. Namun, melihat bulan akan sulit dengan mata telanjang karena tingkat penerangannya yang rendah, tetapi peluang untuk melihatnya tersedia melalui peralatan pengamatan.

Ini akan diikuti oleh posisi lain dari fase bulan yang disebut “hilal”. Hilal berarti melihat bulan baru dengan mudah setelah konjungsi dengan matahari dan meninggalkan posisi “mulai” (hilal gelap) dan menjauh dari matahari dengan jarak yang cukup untuk menampilkan cahayanya di permukaannya. Peluang untuk melihatnya akan tersedia keesokan harinya.

READ  10 Daftar Negara Tertua di Dunia yang Masih Berdiri Hingga Saat Ini

Pada hari Rabu, tanggal 01 Muharram 1445 Hijriah, yang bertepatan dengan tanggal 19 Juli 2023 – menurut kalender Ummul Qura – matahari akan terbenam di cakrawala Mekah pada pukul 07:06 malam. Bulan akan berada di atas cakrawala pada ketinggian 18 derajat, sudut antara bulan dan matahari (elongasi) adalah 20 derajat, dan tingkat penerangan bulan adalah 3,2%. Melihat bulan akan mudah dengan mata telanjang, dan bulan akan terbenam pada pukul 08:34 malam, sekitar 1 jam 28 menit setelah matahari terbenam.

Laporan ini disimpulkan dengan menjelaskan bahwa yang disebutkan sebelumnya hanya merupakan penjelasan aspek ilmiah semata. Namun, penentuan awal bulan akan disesuaikan dengan apa yang dikeluarkan oleh Departemen Hisab dari Mahkamah Agung, oleh karena itu perlu ditekankan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *