Mengenal QRIS: Cara Membuat QRIS Bagi Pelaku Usaha dan Konsumen

Mengenal QRIS: Cara Membuat QRIS Bagi Pelaku Usaha dan Konsumen

QRIS, atau Quick Response Code Indonesian Standard, adalah inovasi terbaru dalam dunia pembayaran yang menggabungkan berbagai jenis QR Code dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

QRIS telah membawa banyak manfaat, baik bagi pelaku usaha (merchant) maupun bagi konsumen, dengan mempermudah, mempercepat, dan meningkatkan keamanan dalam proses transaksi dengan QR Code.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan dalam perilaku konsumen, QRIS menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan akan pembayaran yang lebih efisien, praktis, dan aman.

Apa Itu QRIS?

QRIS, atau Quick Response Code Indonesian Standard, adalah standar yang digunakan untuk mengintegrasikan berbagai jenis QR Code yang digunakan oleh berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) di Indonesia.

Tujuan utama dari QRIS adalah untuk mempermudah dan menyederhanakan proses pembayaran menggunakan QR Code, baik yang berasal dari lembaga keuangan seperti bank maupun non-bank.

QRIS memungkinkan semua aplikasi pembayaran, baik yang berasal dari bank maupun non-bank, dapat digunakan oleh masyarakat di berbagai tempat seperti toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, dan tempat lain yang menggunakan logo QRIS.

Ketentuan QRIS

QRIS mengakomodir dua jenis penggunaan QR Code Pembayaran, yaitu Merchant Presented Mode (MPM) dan Customer Presented Mode (CPM). Dalam MPM, pelanggan akan menunjukkan QR Code mereka kepada merchant, yang akan memindai kode tersebut untuk memproses pembayaran.

Sementara dalam CPM, merchant yang akan menampilkan QR Code mereka, dan pelanggan akan memindai kode tersebut menggunakan aplikasi pembayaran mereka.

Namun, penting untuk diingat bahwa implementasi QRIS harus mengikuti standar nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Dalam proses transaksi QRIS, berbagai pihak terlibat, termasuk Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), Lembaga Switching, Merchant Aggregator, dan pengelola National Merchant Repository.

READ  Cara Singkirkan Iklan Android yang Mengganggu di HP Anda

Semua tahapan ini memerlukan persetujuan dan pengawasan dari Bank Indonesia untuk memastikan keamanan dan kepatuhan.

Manfaat QRIS

QRIS memiliki berbagai manfaat, baik bagi pelaku usaha (merchant) maupun bagi konsumen. Beberapa manfaat utama QRIS meliputi:

Manfaat Bagi Konsumen

  1. Kemudahan dan Kecepatan: QRIS memungkinkan konsumen untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah tanpa perlu membawa uang tunai.
  2. Tidak Perlu Khawatir Aplikasi: Konsumen tidak perlu khawatir tentang aplikasi pembayaran mana yang harus digunakan, karena QRIS mendukung berbagai aplikasi dari bank dan non-bank.
  3. Keamanan: QRIS diawasi oleh Bank Indonesia, sehingga konsumen dapat merasa aman dalam setiap transaksi.

Manfaat Bagi Merchant

  1. Potensi Peningkatan Penjualan: Merchant dapat menerima pembayaran melalui QR Code dari berbagai aplikasi pembayaran, meningkatkan potensi penjualan.
  2. Meningkatkan Branding: Penggunaan QRIS dapat membantu meningkatkan branding usaha dan memudahkan pengenalan.
  3. Kemudahan dan Efisiensi: Menggunakan satu QRIS memungkinkan merchant untuk mengurangi biaya pengelolaan kas, mencegah uang palsu, dan tidak perlu lagi menyediakan uang kembalian.
  4. Rekonsiliasi Otomatis: Transaksi menggunakan QRIS tercatat otomatis, memudahkan proses rekonsiliasi, dan mencegah tindakan kecurangan dalam pembukuan.

Langkah-Langkah Cara Membuat QRIS

Bagi pelaku usaha yang ingin memiliki QRIS, berikut langkah-langkah cara membuat QRIS:

Sebagai Merchant:

  1. Buka Akun PJSP: Buka akun pada salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang terdaftar dan berizin di Bank Indonesia.
  2. Lengkapi Data Usaha: Lengkapi data usaha dan dokumen yang diminta oleh PJSP tersebut.
  3. Verifikasi dan Pembuatan Merchant ID: Tunggu proses verifikasi dan pembuatan Merchant ID yang akan diambil dari data usaha yang telah Anda berikan.
  4. Dapatkan Sticker QRIS: PJSP akan mengirimkan sticker QRIS yang dapat Anda tempelkan di tempat usaha Anda.
  5. Install Aplikasi Merchant QRIS: Install aplikasi yang diberikan oleh PJSP sebagai merchant QRIS.
  6. Edukasi Mengenai Cara Menerima Pembayaran: PJSP akan memberikan edukasi tentang cara menerima pembayaran menggunakan QRIS.
READ  Menggali Pekerjaan Paling Sengsara: Menderita di Balik Profesi yang Mungkin Tidak Pernah Anda Bayangkan

Sebagai Pengguna:

  1. Unduh Aplikasi PJSP: Unduh aplikasi salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang berizin QRIS.
  2. Registrasi: Lakukan registrasi sesuai prosedur yang diberikan oleh PJSP tersebut.
  3. Isi Saldo: Isi saldo pada akun Anda menggunakan metode yang disediakan oleh PJSP.
  4. Gunakan Aplikasi: Gunakan aplikasi tersebut untuk melakukan pembayaran pada merchant QRIS sesuai petunjuk yang ada di aplikasi.

Dengan pemahaman yang baik tentang cara membuat QRIS, pelaku usaha dapat memanfaatkannya untuk mempermudah proses pembayaran bagi pelanggan mereka, sementara konsumen dapat menikmati kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi. QRIS adalah bagian dari perkembangan dunia pembayaran yang semakin modern dan praktis.

QRIS, atau Quick Response Code Indonesian Standard, telah menjadi terobosan dalam dunia pembayaran dengan berbagai manfaatnya. Penggunaannya mempermudah dan mempercepat proses pembayaran, sementara keamanan transaksi diawasi oleh Bank Indonesia.

Manfaat QRIS tidak hanya dirasakan oleh pelaku usaha, yang dapat meningkatkan penjualan dan efisiensi, tetapi juga oleh konsumen, yang dapat menikmati kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi.

Dengan langkah-langkah yang jelas, baik pelaku usaha maupun konsumen dapat dengan mudah menggunakan QRIS dalam aktivitas sehari-hari mereka. Ini adalah langkah penting dalam menghadapi masa depan pembayaran yang semakin modern dan praktis.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *