Ray Dalio 2024: Investasi di Tiongkok Menguntungkan Meskipun Ada Risiko

Ray Dalio 2024: Investasi di Tiongkok Menguntungkan Meskipun Ada Risiko

Ray Dalio 2024, miliarder pendiri hedge fund terbesar di dunia, Bridgewater Associates, mengemukakan bahwa investasi di Tiongkok adalah ide yang bagus meskipun terdapat berbagai risiko. Menurut Dalio, aset Tiongkok saat ini sangat murah dan dapat membantu menyeimbangkan portofolio investasi.

“Diversifikasi dan investasi di Tiongkok sangat diinginkan,” ujar Dalio dalam presentasi virtual di Greenwich Economic Forum di Hong Kong pada hari Rabu. “Aset Tiongkok sangat menarik dari segi harga.”

Investasi Ray Dalio 2024

Meskipun demikian, ada kekhawatiran di antara investor internasional tentang kemungkinan mendapat penalti dari pemerintah mereka karena berinvestasi di Tiongkok. Kebijakan anti-Tiongkok diperkirakan akan mendapatkan dukungan bipartisan dalam pemilihan umum AS tahun ini. Di sisi lain, masalah ekonomi internal Tiongkok, termasuk krisis real estat yang berkepanjangan, masalah utang, dan dampak turunan dari masalah-masalah tersebut, juga membuat para investor merasa cemas.

Namun, Dalio berpendapat bahwa tidak ada risiko tersebut yang melebihi potensi keuntungan dari berinvestasi di ekonomi terbesar kedua di dunia ini. “Ada cara-cara yang efektif untuk melakukan investasi di Tiongkok,” kata Dalio, dan Bridgewater telah “melakukan dengan sangat baik” selama lima tahun terakhir beroperasi di sana.

Komentar terbaru dari Dalio ini mengikuti endorsement-nya terhadap pasar Tiongkok yang terpuruk sebelumnya tahun ini. “Waktu untuk membeli adalah ketika semua orang membenci pasar dan harganya murah, yang saat ini terjadi pada saham-saham Tiongkok,” tulis Dalio di blog LinkedIn-nya pada bulan April.

Sejak saat itu, pasar Tiongkok telah mengalami rebound yang kuat. Indeks Hang Seng telah naik sebanyak 31 persen dari posisi terendah bulan Januari, sementara Indeks CSI 300 yang melacak saham yang diperdagangkan di Bursa Saham Shanghai dan Bursa Saham Shenzhen telah naik lebih dari 10 persen dalam periode yang sama seiring dengan meningkatnya optimisme di dalam negeri.

READ  Memahami Dunia Kripto 2024: Panduan Lengkap untuk Pemula

Pemulihan ini didorong oleh upaya pemerintah Tiongkok untuk merangsang ekonomi yang telah berjuang melawan gelombang utang pemerintah lokal dan ketegangan geopolitik serta pasar properti yang lesu. Bulan lalu, Beijing meluncurkan paket penyelamatan perumahan senilai US$41 miliar untuk menghentikan penurunan di sektor real estat, dan penjualan rumah menunjukkan tanda-tanda awal pemulihan seiring dengan berjalannya stimulus. Langkah-langkah dukungan ekonomi lebih lanjut diharapkan muncul dari pertemuan kebijakan kunci bulan depan saat para pemimpin mencoba memperkuat pertumbuhan.

Investor asing mulai kembali berminat pada aset Tiongkok seiring dengan berkurangnya pesimisme terhadap prospek pemulihan ekonomi. Dana-dana luar negeri membeli saham-saham denominasi yuan senilai 8,8 miliar yuan (US$1,2 miliar) pada bulan Mei, sehingga pembelian bersih tahun ini mencapai US$11,5 miliar, menurut data Stock Connect.

Investor pasar berkembang veteran seperti Mark Mobius juga menjadi optimis terhadap pasar Tiongkok mengingat valuasi yang menarik. “Pasar Tiongkok telah mencapai titik terendah dan mulai menunjukkan pemulihan setelah semua langkah pemerintah untuk mendukung pasar real estat. Kami telah melihat cahaya di ujung terowongan,” kata Mobius minggu lalu.

Dalio menekankan bahwa meskipun ada tantangan, investasi di Tiongkok masih menjanjikan dalam jangka panjang. Dia berpendapat bahwa investor tidak boleh mengabaikan potensi besar yang ditawarkan oleh pasar Tiongkok, terutama ketika harganya sangat menarik. Meskipun ada risiko geopolitik dan masalah ekonomi domestik, Tiongkok tetap menjadi pasar yang penting dan berpotensi memberikan keuntungan yang signifikan bagi investor global.

Dalio juga menunjukkan bahwa diversifikasi portofolio dengan memasukkan aset Tiongkok dapat membantu mengurangi risiko keseluruhan. Dengan aset Tiongkok yang dinilai sangat murah saat ini, investor dapat memperoleh peluang investasi yang menguntungkan. “Waktu terbaik untuk berinvestasi adalah ketika pasar sedang tidak disukai oleh banyak orang,” ujarnya.

READ  Saran Ide Bisnis yang Cocok bagi Pemula untuk Berwirausaha 2024

Secara keseluruhan, komentar Dalio menekankan pentingnya memiliki pandangan jangka panjang dan tidak terpengaruh oleh ketidakpastian jangka pendek. Dengan strategi investasi yang tepat, ia percaya bahwa Tiongkok dapat menawarkan peluang yang menarik bagi investor global. Dalam konteks ini, pendekatan diversifikasi dan pemahaman mendalam tentang dinamika pasar Tiongkok menjadi kunci untuk memaksimalkan potensi keuntungan dari investasi di negara tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *