Cara Singkirkan Iklan Android Terbaru yang Mengganggu di HP Anda 2024

Cara Singkirkan Iklan Android Terbaru yang Mengganggu di HP Anda 2024

Cara Singkirkan Iklan AndroidPengguna HP Android sering kali menghadapi masalah dengan iklan yang muncul secara tiba-tiba. Tidak hanya mengganggu, beberapa iklan bahkan bisa berbahaya. Iklan yang mengganggu ini sering kali berasal dari halaman pop-up jahat atau otomatis memutar klip video atau audio, yang bisa sangat mengganggu pengalaman pengguna.

Beruntung, ada beberapa cara efektif untuk memblokir iklan dan pop-up ini, terutama ketika menggunakan browser Chrome atau dengan mengubah DNS di perangkat Android. Berikut adalah panduan lengkap untuk membantu Anda mengatasi masalah ini.

Iklan di HP Android bisa mengganggu karena muncul secara tiba-tiba dan mengganggu aktivitas pengguna. Iklan ini sering kali berasal dari halaman pop-up yang muncul saat mengunjungi situs tertentu. Selain mengganggu, iklan tersebut juga bisa membawa risiko keamanan.

Beberapa iklan mengandung skrip berbahaya yang bisa mencuri data pribadi pengguna atau menginfeksi perangkat dengan malware. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk memblokir iklan ini.

Table of Contents

Cara Memblokir Iklan dan Pop-up di Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser paling populer di perangkat Android. Meskipun Chrome memiliki fitur keamanan bawaan untuk memblokir iklan berbahaya, ada beberapa pengaturan tambahan yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan perlindungan.

1. Mengaktifkan Pemblokiran Pop-up

Langkah pertama untuk mengurangi iklan yang mengganggu adalah dengan mengaktifkan pemblokiran pop-up di Chrome. Berikut caranya:

  1. Buka Chrome di perangkat Android Anda.
  2. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas untuk membuka menu.
  3. Pilih “Pengaturan”.
  4. Gulir ke bawah dan pilih “Pengaturan situs”.
  5. Pilih “Pop-up dan pengalihan”.
  6. Pastikan tombol di sebelah “Pop-up dan pengalihan” dalam posisi mati (off).
READ  Nokia XR21 Limited Edition: Ponsel Terbaru Dengan Sertifikasi IP69K yang Mewah dan Tahan Banting

Dengan mengaktifkan opsi ini, Chrome akan memblokir sebagian besar pop-up yang muncul saat Anda menjelajah internet.

2. Menggunakan Mode Hemat Data

Mode Hemat Data di Chrome tidak hanya mengurangi penggunaan data, tetapi juga memblokir sebagian besar iklan yang mengganggu. Caranya:

  1. Buka Chrome dan masuk ke menu dengan mengetuk ikon tiga titik.
  2. Pilih “Pengaturan”.
  3. Ketuk “Mode Hemat Data”.
  4. Aktifkan Mode Hemat Data dengan menggeser tombol ke posisi on.

Fitur ini akan membantu mengurangi jumlah iklan yang muncul sekaligus menghemat penggunaan data Anda.

3. Menggunakan Ekstensi Pemblokir Iklan

Meskipun Chrome di Android tidak mendukung ekstensi seperti versi desktopnya, ada browser alternatif berbasis Chromium seperti Brave atau Opera yang memiliki pemblokir iklan bawaan. Anda bisa mencoba menggunakan browser ini untuk pengalaman menjelajah yang lebih bersih dari iklan.

Cara Singkirkan Iklan Android dengan Mengubah DNS

Mengubah DNS (Domain Name System) di perangkat Android adalah cara lain yang efektif untuk memblokir iklan. DNS bertindak sebagai penterjemah alamat website yang Anda kunjungi menjadi alamat IP yang dapat dimengerti oleh perangkat Anda. Menggunakan DNS yang khusus memblokir iklan dapat membantu mencegah munculnya iklan yang mengganggu.

1. Menggunakan DNS Pribadi di Android 9.0 Pie dan Versi yang Lebih Baru

Perangkat Android 9.0 Pie dan versi yang lebih baru memiliki fitur DNS pribadi yang memungkinkan Anda menggunakan layanan DNS yang memblokir iklan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Jaringan & internet”.
  3. Pilih “DNS pribadi”.
  4. Ketuk “Nama host penyedia DNS pribadi”.
  5. Masukkan alamat DNS yang memblokir iklan, seperti dns.adguard.com atau dns.familyshield.opendns.com.
  6. Ketuk “Simpan”.

Dengan mengatur DNS pribadi, perangkat Anda akan menggunakan server DNS yang memblokir iklan, sehingga mengurangi jumlah iklan yang muncul saat Anda menjelajah internet.

READ  Misi Europa Clipper: Menguak Potensi Terbaru Kehidupan di Bulan Jupiter 2030

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi di Google Play Store yang dapat membantu memblokir iklan dengan mengubah DNS. Beberapa aplikasi populer yang bisa Anda coba termasuk AdGuard dan Blokada. Berikut cara menggunakan salah satu aplikasi tersebut:

  1. Unduh dan instal aplikasi AdGuard atau Blokada dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkan layanan pemblokiran iklan.
  3. Aplikasi ini biasanya akan mengubah pengaturan DNS Anda secara otomatis untuk memblokir iklan.

Iklan yang muncul di HP Android bisa sangat mengganggu dan berpotensi berbahaya. Menggunakan fitur bawaan di Chrome untuk memblokir pop-up dan mengaktifkan Mode Hemat Data dapat membantu mengurangi gangguan ini.

Selain itu, mengubah DNS perangkat Anda dengan menggunakan layanan DNS yang memblokir iklan adalah langkah efektif lainnya untuk memastikan pengalaman menjelajah yang lebih aman dan nyaman. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menikmati penggunaan perangkat Android tanpa gangguan iklan yang tidak diinginkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *